8.25.2008

DRAMATISASI PESAN VISUAL


The best way to communicate to New Yorkers is to shout!

Pembaca yang budiman, itulah cuplikan kata-kata dari Paula Scher, seorang perancang grafis ternama di Amerika Serikat.

Desain yang eye catching memang sukar untuk didefinisikan. Tidak semudah menakar volume suara, siapa yang berteriak paling keras, boom! Dialah yang keluar sebagai pemenang.

Membangun desain yang eye catching harus diawali dengan analisa terhadap brand dan kompetitornya. Bila klien anda telah memiliki buku panduan brand akan membantu anda dalam menyelami nyawa dari brand tersebut. Diskusikan dengan klien anda tentang batasan-batasan dan peluang yang dapat anda lakukan dalam pengembangan desain yang akan dilakukan.

Salah satu cara ampuh adalah merasakan pengalaman langsung di medan perangnya. Bila anda sedang bertugas merancang sebuah tampilan grafis untuk kemasan mie instant, maka pasar tradisional dan supermarket adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan beragam kemasan mie instant yang saling berteriak. Lakukan observasi terhadap komponen visual yang digunakan untuk berteriak. Apakah dominasi warna, bentuk, tipografi atau gembar?

Berikut adalah landasan dasar dalam menciptakan sebuah desain yang eye catching.
Membangun integrasi antara informasi verbal dan visual sehingga apa yang dikatakan sejalan dengan yang diperlihatkan.
Fokus dalam menciptakan keunikan dan kompleksitas komponen visual. Caranya? Dengan melihat apa yang sudah dilakukan oleh kompetitor klien anda. Gunakan metode push and pull. Apakah tipografi yang akan ditonjolkan, kemudian warna sedikit dibenamkan atau pemberdayaan elemen estetis sebagai pendukung?
Menyusun hirarki visual untuk menonjolkan informasi visual mana yang akan dilihat pertama kali berikut urutan selanjutnya.
Lakukan eksperimen terhadap tendensi orang dalam melihat sebuah pola desain.

Sebuah pesan kadang begitu sederhana dan lugas. Tugas perancang grafis mendramatisir pesan tersebut secara visual agar desain tampil lebih persuasif dan tentunya... mind catching!

Tidak ada komentar: